Pengembangan Media Bimbingan Karir Berbasis Google Sites Untuk Meningkatkan Kemampuan Perencanaan Studi Lanjut Peserta Didik Kelas X SMA

Authors

  • Suci Amelia Mardiah Universitas Negeri Padang
  • Firman Universitas Negeri Padang
  • Netrawati Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.58794/cerdas.v4i1.1460

Keywords:

bimbingan karir, media digital , Google Sites, studi lanjut, systematic literature review

Abstract

Bimbingan karir merupakan aspek penting dalam membantu siswa Sekolah Menengah Atas (SMA), khususnya kelas X, dalam merencanakan studi lanjut dan pengembangan karir masa depan. Penelitian ini menggunakan pendekatan Systematic Literature Review (SLR) untuk menganalisis 10 artikel ilmiah yang relevan terkait pengembangan media bimbingan karir berbasis Google Sites. Tujuan kajian ini adalah untuk mengidentifikasi manfaat, tantangan, serta strategi implementasi media digital interaktif dalam konteks pendidikan menengah. Hasil SLR menunjukkan bahwa Google Sites sebagai media digital mampu meningkatkan motivasi belajar, keterlibatan siswa, serta efektivitas pengambilan keputusan studi lanjut. Integrasi platform ini dengan berbagai aplikasi Google mendukung penyajian materi yang komprehensif, fleksibel, dan mudah diakses. Namun, tantangan seperti keterbatasan infrastruktur dan literasi digital masih menjadi hambatan utama. Penelitian ini menyajikan sintesis yang komprehensif sebagai dasar pengembangan media bimbingan karir digital di lingkungan SMA.

References

Bersan, O. S., Lustrea, A., Sava, S., & Bobic, O. (2024). Training Teachers for the Career Guidance of High School Students. Education Sciences, 14(3), 289. https://doi.org/10.3390/educsci14030289

Citra, A., & Ilhamuddin, M. (2025). PENGEMBANGAN MEDIA BIMBINGAN BERBASIS WEBSITE “KE BK” UNTUK PENGAMBILAN KEPUTUSAN KARIER SISWA SMK. Jurnal BK UNESA, 15(1), 84–91.

Dwi Wicaksono, V., Pandu Paksi, H., & . S. (2023). Google Sites as ICT Learning in Indonesia: The Benefits and Implementation. KnE Social Sciences. https://doi.org/10.18502/kss.v8i8.13303

Fasha, F., Sinring, A., & Aryani, F. (2015). Pengembangan Model E-Career Untuk Meningkatkan Keputusan Karir Siswa SMA Negeri 3 Makassar. Jurnal Psikologi Pendidikan & Konseling, 1(2), 170–179.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2023). Panduan pemanfaatan teknologi digital dalam pendidikan dan bimbingan karir. Kemendikbud.

Putri, R., & Hadi, S. (2021). The effectiveness of digital media in career guidance for high school students. International Journal of Educational Technology, 8(4), 350–362.

Rahman, A., Sari, N., & Nugroho, E. (2022). Impact of digital career guidance media on students’ career planning skills. Journal of Career Development, 12(1), 45–58.

Ramadani, C. R., Anuar, A. Bin, & Fahmi, A. (2023). LAYANAN INFORMASI KARIER BERBASIS HYPERMEDIA. Jurnal Bikotetik (Bimbingan dan Konseling: Teori dan Praktik), 7(02), 155–161. https://doi.org/10.26740/bikotetik.v7n02.p155-161

Sagita, S., Rahmat, A., Priyandoko, D., & Sriyati, S. (2023). The Potency of Google Sites to Enhance Students Performance in Research Skills. Pedagonal : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 7(2), 92–104. https://doi.org/10.55215/pedagonal.v7i2.8843

Santoso, B., & Wulandari, F. (2020). Challenges in implementing career guidance in Indonesian high schools. Education and Technology Review, 10(3), 200–214.

Sari, Y., Purwanta, E., & Setiawan, A. I. B. (2023). The Development of Career Information Service Models by Google Sites to Improve Career Planning Ability of High School Students. Dalam E. Purwanta (Ed.), Proceedings of the 2nd Semarang International Conference on Counseling and Educational Psychology (SICCEP 2023) (hlm. 218–228). Atlantis Press. https://doi.org/10.2991/978-2-38476-184-5_25

Super, D. E., & Evans, K. (2021). Career development and education: Supporting student transitions. Career Education Press.

Triani, S., Sinring, A., & Pandang, A. (2024). PENGEMBANGAN MEDIA BIMBINGAN KARIER BERBASIS WEBSITE HALOKONS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PERENCANAAN KARIER SISWA DI SMAN 5 MAKASSAR. Jurnal Evaluasi Pendidikan, 6(3), 21–30.

Tumanggor, H. R., Sunawan, S., & Purwanto, E. (2018). Improving Career Planning using Website-Based Career Information Service. Islamic Guidance and Counseling Journal, 1(2), 62. https://doi.org/10.25217/igcj.v1i2.239

Wang, D., Li, Y., & Wang, G. (2024). A systematic review on career interventions for high school students. Frontiers in Psychology, 15. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2024.1461503

Downloads

Published

2025-06-20

Issue

Section

Articles