Pengembangan Media Bimbingan Karir Berbasis Google Sites Untuk Meningkatkan Kemampuan Perencanaan Studi Lanjut Peserta Didik Kelas X SMA
DOI:
https://doi.org/10.58794/cerdas.v4i1.1460Keywords:
bimbingan karir, media digital , Google Sites, studi lanjut, systematic literature reviewAbstract
Bimbingan karir merupakan aspek penting dalam membantu siswa Sekolah Menengah Atas (SMA), khususnya kelas X, dalam merencanakan studi lanjut dan pengembangan karir masa depan. Penelitian ini menggunakan pendekatan Systematic Literature Review (SLR) untuk menganalisis 10 artikel ilmiah yang relevan terkait pengembangan media bimbingan karir berbasis Google Sites. Tujuan kajian ini adalah untuk mengidentifikasi manfaat, tantangan, serta strategi implementasi media digital interaktif dalam konteks pendidikan menengah. Hasil SLR menunjukkan bahwa Google Sites sebagai media digital mampu meningkatkan motivasi belajar, keterlibatan siswa, serta efektivitas pengambilan keputusan studi lanjut. Integrasi platform ini dengan berbagai aplikasi Google mendukung penyajian materi yang komprehensif, fleksibel, dan mudah diakses. Namun, tantangan seperti keterbatasan infrastruktur dan literasi digital masih menjadi hambatan utama. Penelitian ini menyajikan sintesis yang komprehensif sebagai dasar pengembangan media bimbingan karir digital di lingkungan SMA.
References
Bersan, O. S., Lustrea, A., Sava, S., & Bobic, O. (2024). Training Teachers for the Career Guidance of High School Students. Education Sciences, 14(3), 289. https://doi.org/10.3390/educsci14030289
Citra, A., & Ilhamuddin, M. (2025). PENGEMBANGAN MEDIA BIMBINGAN BERBASIS WEBSITE “KE BK” UNTUK PENGAMBILAN KEPUTUSAN KARIER SISWA SMK. Jurnal BK UNESA, 15(1), 84–91.
Dwi Wicaksono, V., Pandu Paksi, H., & . S. (2023). Google Sites as ICT Learning in Indonesia: The Benefits and Implementation. KnE Social Sciences. https://doi.org/10.18502/kss.v8i8.13303
Fasha, F., Sinring, A., & Aryani, F. (2015). Pengembangan Model E-Career Untuk Meningkatkan Keputusan Karir Siswa SMA Negeri 3 Makassar. Jurnal Psikologi Pendidikan & Konseling, 1(2), 170–179.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2023). Panduan pemanfaatan teknologi digital dalam pendidikan dan bimbingan karir. Kemendikbud.
Putri, R., & Hadi, S. (2021). The effectiveness of digital media in career guidance for high school students. International Journal of Educational Technology, 8(4), 350–362.
Rahman, A., Sari, N., & Nugroho, E. (2022). Impact of digital career guidance media on students’ career planning skills. Journal of Career Development, 12(1), 45–58.
Ramadani, C. R., Anuar, A. Bin, & Fahmi, A. (2023). LAYANAN INFORMASI KARIER BERBASIS HYPERMEDIA. Jurnal Bikotetik (Bimbingan dan Konseling: Teori dan Praktik), 7(02), 155–161. https://doi.org/10.26740/bikotetik.v7n02.p155-161
Sagita, S., Rahmat, A., Priyandoko, D., & Sriyati, S. (2023). The Potency of Google Sites to Enhance Students Performance in Research Skills. Pedagonal : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 7(2), 92–104. https://doi.org/10.55215/pedagonal.v7i2.8843
Santoso, B., & Wulandari, F. (2020). Challenges in implementing career guidance in Indonesian high schools. Education and Technology Review, 10(3), 200–214.
Sari, Y., Purwanta, E., & Setiawan, A. I. B. (2023). The Development of Career Information Service Models by Google Sites to Improve Career Planning Ability of High School Students. Dalam E. Purwanta (Ed.), Proceedings of the 2nd Semarang International Conference on Counseling and Educational Psychology (SICCEP 2023) (hlm. 218–228). Atlantis Press. https://doi.org/10.2991/978-2-38476-184-5_25
Super, D. E., & Evans, K. (2021). Career development and education: Supporting student transitions. Career Education Press.
Triani, S., Sinring, A., & Pandang, A. (2024). PENGEMBANGAN MEDIA BIMBINGAN KARIER BERBASIS WEBSITE HALOKONS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PERENCANAAN KARIER SISWA DI SMAN 5 MAKASSAR. Jurnal Evaluasi Pendidikan, 6(3), 21–30.
Tumanggor, H. R., Sunawan, S., & Purwanto, E. (2018). Improving Career Planning using Website-Based Career Information Service. Islamic Guidance and Counseling Journal, 1(2), 62. https://doi.org/10.25217/igcj.v1i2.239
Wang, D., Li, Y., & Wang, G. (2024). A systematic review on career interventions for high school students. Frontiers in Psychology, 15. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2024.1461503
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 CERDAS - Jurnal Pendidikan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
CERDAS - Journal of Education provides open access to anyone, ensuring that the information and findings in the article are useful to everyone. This journal article's entire contents can be accessed and downloaded for free. In accordance with the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
CERDAS - Journal of Education is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0