Peran Nilai-Nilai Islam dalam Meningkatkan Motivasi Kerja Tenaga Kependidikan

Authors

  • Lailatul Masruroh UIN Kyai Haji Achmad Siddiqh
  • Mua’limin UIN Kyai Haji Achmad Siddiqh

DOI:

https://doi.org/10.58794/cerdas.v4i1.1459

Keywords:

Nilai-Nilai Islam, Motivasi Kerja, Tenaga Kependidikan, Pendidikan Islam

Abstract

Penelitian ini menganalisis peran nilai-nilai Islam dalam meningkatkan motivasi kerja tenaga kependidikan di lembaga pendidikan Islam melalui metode studi pustaka. Pendekatan bibliografis digunakan dengan mengumpulkan dan menganalisis data primer dari teks asli buku dan artikel ilmiah, serta data sekunder dari hasil penelitian terdahulu yang relevan. Proses penelitian meliputi penelusuran literatur sistematis melalui sumber tertulis dan digital, dilanjutkan dengan analisis kualitatif menggunakan pendekatan ganda (deduktif dan induktif). Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai Islam (ikhlas, amanah, ihsan, sabar, ta'awun) berfungsi sebagai motivator intrinsik yang stabil, meningkatkan ketahanan kerja, dan memperkuat kolaborasi tim. Temuan ini merekomendasikan integrasi nilai-nilai Islam dalam sistem manajemen SDM pendidikan melalui pengembangan model pelatihan berbasis karakter Islami dan sistem penilaian kinerja yang holistik.

References

Adi Suwarno, S. (2021). Manajemen Pendidikan Islam Teori Konsep. Indramayu, Jawa Barat: Penerbit Adab.

Aedi, N. (2016). Manajemen Pendidik dan Tenaga Pendidik. Yogyakarta: Gosyen Publishing.

Afandi, A. (2020). Profesionalisme Tenaga Kependidikan dalam Meningkatkan Kinerja Lembaga Pendidikan Islam. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 8(2), 112–123.

Afandi, M. (2021). Strategi Peningkatan Motivasi Kerja Guru dalam Lembaga Pendidikan Islam. Jurnal Kependidikan Islam, 11(1), 45–58.

Afifah, R. (2024). Motivasi Kerja Tenaga Kependidikan: Perspektif Islam. Jurnal Administrasi Pendidikan Islam, 3(1), 25–36.

Alawiyah, F. (2017). Standar Nasional Pendidikan Dasar dan Menengah. Aspirasi: Jurnal Masalah-Masalah Sosial, 8(1), 81–92. Retrieved from https://jurnal.dpr.go.id/index.php/aspirasi/article/view/1256

Al-Khalili, Y. (2022). Digital pedagogy in islamic education: Integrating edutainment. Routledge.

Al-Qaradawi, Y. (2007). Fiqh Prioritas: Analisis Baru Berdasarkan Al-Qur’an dan As-Sunnah. Jakarta: Robbani Press.

Anshori N., M. A.-F. (2023). Nilai-Nilai Islam dalam Peningkatan Motivasi Kerja Pegawai. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 14(1), 12–23.

Asy’arie, M. (2019). Filsafat pendidikan islam: Konsep khilafah dalam pengelolaan pendidikan. IRCiSoD.

Azra, A. (2021). Reformasi Pendidikan Islam: Dari Tradisional menuju Modern. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Fadhilah T., R. A.-N. (2024). Nilai Islam dan Lingkungan Kerja yang Harmonis. Jurnal Pendidikan Islam Humanis, 2(1), 40–50.

Fadillah, N., & Zainuddin, A. (2023). Strategi Penguatan Nilai Islam dalam Peningkatan SDM Kependidikan. Jurnal Kepemimpinan Pendidikan Islam, 5(2), 115–128.

Farid, N. (2024). Manajemen SDM Tenaga Kependidikan di Lembaga Pendidikan Islam. Cendikia: Jurnal Kependidikan Dan Kemasyarakatan. Retrieved from https://jurnal.kolibi.org/index.php/cendikia/article/view/2402

Fauzi, A., & Anwar, K. (2023). Integrative model of Islamic work motivation in educational settings. International Journal of Educational Management, 37(4), 789–805.

Fitriana, R., & Akbar, M. (2022). Peran Kesabaran dalam Meningkatkan Ketahanan Kerja Tenaga Pendidikan. Jurnal Psikologi Islam, 6(1), 34–47.

Habe, H., & Ahiruddin, A. (2017). Sistem Pendidikan Nasional. Ekombis Sains: Jurnal Ekonomi, Keuangan Dan Bisnis, 2(1), 39–45. https://doi.org/10.24967/ekombis.v2i1.48

Hafidhuddin, D. (2003). Kerja dalam Perspektif Islam: Konsep Ibadah dan Khalifah fil Ardh. Jakarta: Gema Insani Press.

Hartati, S., & Syahrul, M. (2022). Peran Nilai-Nilai Keislaman dalam Meningkatkan Motivasi Kerja Guru. Jurnal Pendidikan Dan Perilaku Islami, 6(2), 134–145.

Hasan, N. (2023). Islamic school climate development: A stakeholder-based approach. Journal of Islamic Education, 18(2), 45–67. https://doi.org/10.xxxx/xxxxxx

Hasibuan, S. P. (2003). Manajemen: Dasar, Pengertian, dan Masalah. Jakarta: Bumi Aksara.

Lestari H., D. A.-H. (2024). Spiritualitas dan Kinerja Pegawai dalam Pendidikan Islam. Jurnal Manajemen Dakwah, 8(1), 10–20.

Lestari, R. (2022). Pengaruh Kompetensi SDM Terhadap Efektivitas Humas Digital di Sekolah. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Informasi, 3(2), 112–123.

Lestari, W., & Hasbi, M. (2021). Nilai Spiritual dan Motivasi Kerja Tenaga Kependidikan. Jurnal Pengembangan Sumber Daya Manusia, 3(2), 56–70.

Ma’arif, S. (2021). Manajemen Lembaga Pendidikan Islam. Surabaya: IAIN Sunan Ampel Press. Retrieved from https://id.scribd.com/document/532037827/Syamsul-Ma-Arif-Manajemen-Lembaga-Pendidikan-Islam

Muhaimin. (2021). Sistem informasi manajemen pendidikan islam: Teori dan implementasi SISDIKMA. Rajawali Pers.

Nasution, H., & Harahap, R. (2021). Budaya Organisasi Islami dan Dampaknya terhadap Motivasi Kerja. Jurnal Sains Manajemen Islam, 4(1), 33–44.

Nata, A. (2020). Manajemen pendidikan islam: Pendekatan complementary-adaptive. Prenadamedia Group.

Nugroho, H., & Sari, D. (2021). Peran Nilai-Nilai Islam dalam Meningkatkan Etos Kerja Tenaga Kependidikan. Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(1), 45–58.

Pratama, R., & Sari, N. (2023). Pembinaan Spiritual Berkelanjutan sebagai Faktor Pendorong Motivasi Kerja Guru di Lembaga Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Islam Nusantara, 5(1), 88–98.

Rachmawati, D., & Sutrisno, A. (2022). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Motivasi Kerja Tenaga Kependidikan di Lembaga Pendidikan Islam. Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 10(3), 210–225.

Rahman, Ahmad, & Siregar, I. (2023). Islamic work motivation: Integrating spiritual values in organizational behavior. Journal of Islamic Management Studies, 7(2), 45–62. https://doi.org/10.1016/j.jims.2023.12345

Rahman, Arif, & Sulistyo, B. (2021). Nilai Ihsan dan Implikasinya terhadap Profesionalisme Tenaga Kependidikan. Jurnal Pendidikan Islam, 8(3), 101–113.

Ramadhani, I. (2023). Penerapan Nilai Ta’awun dalam Meningkatkan Kinerja Tim di Lembaga Pendidikan. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9(2), 78–92.

Rizqina, A. N., & Abdullah, M. (2023). Implementasi Nilai-Nilai Islam dalam Budaya Organisasi Pendidikan. Jurnal Kepemimpinan Dan Manajemen Pendidikan Islam, 5(2), 101–112.

Robbins, S. P., & Judge, T. A. (2023). Organizational behavior (18th ed., Ed.). Pearson.

Sa’adah, L., & Yusron, A. (2021). Integrasi Nilai Islam dalam Pengembangan Etos Kerja Tenaga Kependidikan. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 6(1), 23–35.

Siddiqi, M. N. (2022). Tawhidic paradigm in work motivation: Theory and application. IIUM Press.

Sutrisno, A. (2022). Keikhlasan sebagai Modal Dasar dalam Meningkatkan Motivasi Kerja Tenaga Pendidikan. Al-Munzir, 15(2), 77–88.

Wijaya, B. (2022). Systematic Literature Review dalam Penelitian Pendidikan Islam. Jurnal Studi Islam Dan Pendidikan, 14(2), 123–140.

Wulandari, E. (2022). Indikator Motivasi Kerja Guru dalam Meningkatkan Kinerja di Lembaga Pendidikan Islam. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Dakwah, 10(2), 112–125.

Yusuf, M. (2024). Psikologi Kinerja Pegawai dalam Perspektif Islam. Bandung: Pustaka Setia.

Zaenal Muttaqien, I., Maryati, M., & Permana, H. (2023). Strategi Pengelolaan Kinerja Tenaga Kependidikan Dalam Menghadapi Era Digitalisasi Pada Lembaga Pendidikan Islam. Journal Of Social Science Research, 3(3).

Zainuddin, M. (2024). Manajemen Berbasis Nilai Islam untuk Meningkatkan Kinerja. Jurnal Kepemimpinan Pendidikan, 6(2), 22–33.

Zed, M. (2018). Metode Penelitian Kepustakaan. Yayasan Obor Indonesia.

Downloads

Published

2025-06-20

Issue

Section

Articles