Inovasi Pembelajaran dengan Web Learning untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Ibnul Qayyim Islamic School (IQIS) Makassar
DOI:
https://doi.org/10.58794/jdt.v5i2.1388Keywords:
Web Learning, Google Sites, Edpuzzle, Motivasi Belajar, Pembelajaran InteraktifAbstract
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru di Ibnul Qayyim Islamic School (IQIS) Makassar dalam menyusun dan memanfaatkan media pembelajaran berbasis web menggunakan Google Sites dan Edpuzzle. Teknologi ini diharapkan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa melalui metode pembelajaran yang lebih interaktif, fleksibel, dan mudah diakses. Pelatihan dilaksanakan dalam bentuk workshop selama dua hari yang mencakup teori, praktik langsung, dan evaluasi. Hasil evaluasi aspek Google Sites, rata-rata nilai post-test meningkat sebesar 76,5%, sementara pada aspek Edpuzzle juga mengalami peningkatan mencapai 76,5% dan ini menunjukkan peningkatan signifikan dalam keterampilan guru. Pelatihan ini terbukti meningkatkan kualitas pengajaran dan berkontribusi terhadap peningkatan motivasi belajar siswa.
References
W. Putri Bima, L. Yanuarita, A. Nurcahyo, U. Muhammadiyah, S. Jalan, and A. Yani, “Buletin Literasi Budaya Sekolah Implementasi Penggunaan Media Pembelajaran Online Pada Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Matematika,” 2021, doi: 10.23917/blbs.v3i1.14116.
R. Nengsih, R. Hikmah, and L. S. Astuti, “Pelatihan Penggunaan Edpuzzle dalam Pembelajaran di Kelas,” Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, vol. 14, no. 2, pp. 381–387, 2023, [Online]. Available: http://journal.upgris.ac.id/index.php/e-dimas
N. M. A. Suryaningsih and et al, “Strategi Pembelajaran Berbasis Digital: Berbagai Bidang Ilmu Pengetahuan,” 2020. [Online]. Available: www.medsan.co.id
D. Kasriyati and R. Andriani, “SOSIALISASI EDPUZZLE SEBAGAI SUMBER PEMBELAJARAN INTERAKTIF,” 140 | Wahana Dedikasi Copyright@Destina Kasriyati, vol. 6, 2023, doi: 10.31851/dedikasi.v6i1.
D. S. Adzkiya and M. Suryaman, “Penggunaan Media Pembelajaran Google Sites dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Kelas V SD,” Educate : Jurnal Teknologi Pendidikan, vol. 6, no. 2, p. 20, Jul. 2021, doi: 10.32832/educate.v6i2.4891.
P. A. Maharani, E. Risdianto, and I. Setiawan, “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbantuan Google Sites untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Momentum dan Impuls,” Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, vol. 15, no. 1, pp. 31–42, Jan. 2024, doi: 10.26877/jp2f.v15i1.17458.
Y. M. Pubian and H. Herpratiwi, “Penggunaan Media Google Sites Dalam Pembelajaran Untuk Meningkatkan Efektifitas Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar,” Akademika, vol. 11, no. 01, pp. 163–172, Jun. 2022, doi: 10.34005/akademika.v11i01.1693.
R. Puji Utami, “Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Google Sites Dalam Pembelajaran Ipa Di Sekolah Dasar,” 2023.
S. R. Kurniasih et al., “Pengembangan Bahan Ajar Video Interaktif berbasis Edpuzzle dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam,” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, vol. 8, no. 2, 2023, doi: 10.25299/al-thariqah.2023.vol8(2).14513.
I. Gusti, A. Gede Wiadnyana, N. Ketut Erawati, F. Kezia, and K. Apriliani, “Pembelajaran Menyenangkan dengan Edpuzzle untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa,” Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, vol. XI, pp. 1–7, Sep. 2022, doi: 10.5281/zenodo.6635412.
M. C. Debora1, Z. Haryanto, and R. R. Qadar, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Edpuzzle pada Materi Elastisitas dan Hukum Hooke sesuai Kurikulum Merdeka,” Jurnal Literasi Pendidikan Fisika, vol. 6, no. 1, pp. 34–41, 2025, doi: 10.30872/jlpf.v6i1.4464.
Evi Latifatus Sirri and Puji Lestari, “Implementasi Edpuzzle Berbantuan Whatsapp Group Sebagai Alternatif Pembelajaran Daring Pada Era Pandemi,” Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, vol. 5 Nomor 2, pp. 67–72, Sep. 2020.
N. Nurdin and I. Intan, “Pembuatan Website Personal Guru Sebagai Pendukung Learning Management System Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Dalam Mengelola Pembelajaran,” JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), vol. 6, no. 3, p. 2255, Jun. 2022, doi: 10.31764/jmm.v6i3.8420.
E. S. Tamaela et al., “pelatihan penyusunan asesmen alternatif dalam kurikulum merdeka bagi guru sma/smk/ma di kecamatan leihitu maluku tengah,” PAKEM : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. 5, no. 1, pp. 8–17, Mar. 2025, doi: 10.30598/pakem.5.1.8-17.
I. Akidah, U. Mansyur, and R. Sulaiman, “Pelatihan dan Pendampingan Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif di Masa Pandemi pada Kelompok Kerja Guru Bahasa dan Sastra Indonesia MA Wihdatul Ulum Desa Bontokassi Gowa,” 2021. [Online]. Available: https://madaniya.pustaka.my.id/journals/contents/article/view/123
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JDISTIRA - Jurnal Pengabdian Inovasi dan Teknologi Kepada Masyarakat

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JDISTIRA provides open access to anyone, ensuring that the information and findings in the article are useful to everyone. This journal article's entire contents can be accessed and downloaded for free. In accordance with the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JDISTIRA is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0