Peningkatan Pemahaman dan Keterampilan Guru dalam Mengamankan Data Pribadi pada SMA Al Akyar Kota Makassar
DOI:
https://doi.org/10.58794/jdt.v5i1.1382Keywords:
Learning Management System (LSM), Pembelajaran Daring, VeraCrypt, KeepassAbstract
Pengamanan data pribadi semakin penting di era digital, terutama bagi guru SMA AL AKHYAR yang mengelola informasi siswa dan data pribadi lainnya. Namun, banyak guru SMA AL AKHYAR belum memiliki pengetahuan dan keterampilan yang memadai dalam melindungi data-data tersebut dari potensi adanya ancaman seperti peretasan, kebocoran data, maupun penyalahgunaan informasi.. Rencana pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman guru-guru SMA AL AKHYAR di Makassar mengenai pentingnya keamanan data pribadi serta keterampilan menggunakan alat-alat keamanan data. Kegiatan pengabdian akan meliputi pelatihan penggunaan perangkat lunak enkripsi seperti VeraCrypt, manajemen kata sandi dengan KeePass, serta pengenalan SOP keamanan data untuk melindungi informasi sensitif. Melalui program ini, diharapkan para guru tidak hanya memahami pentingnya perlindungan data tetapi juga dapat meningkatkan keterampilan teknis dalam mengamankan data pribadi dan institusional. Selain itu, luaran dari pengabdian ini mencakup tersedianya standar operasional prosedur (SOP) keamanan data yang dapat diterapkan di sekolah-sekolah. Program ini akan membantu memastikan bahwa para guru mampu menerapkan praktik terbaik dalam menjaga kerahasiaan dan keamanan informasi digital di lingkungan pendidikan.
References
A.N. Ghazi & G.Taufiq “Teknik Pengamanan Data Atrest Menggunakan Bitlocker Dan Veracrypt”. Jurnal Sistem Informasi, Teknologi Informasi dan Komputer Vol.14, No.2, , pp.80-149, Januari 2024, doi: https://doi.org/10.24853/justit.14.2.121-127
F. Baso., At al. Pelatihan Bijak dalam Menjaga Data Pribadi untuk Guru Madrasah Ibtidaiyah (MI) Muhammadiyah Matteko. journal.ininnawaparaedu.com Vol 01, No 01, November 2023
Fahl, S., Harbach, M., & Smith, M. "On the Ecological Validity of a Password Study: How Far can We Go?" Proceedings of the ACM SIGSAC Conference on Computer & Communications Security (CCS), 2020, 126-135. DOI: 10.1145/2508859.2516687.
Fathiyana, R. Z.. Analisis Keamanan Perangkat Lunak Enkripsi Media Penyimpanan DiskCryptor. Journal of Informatics and Communication Technology (JICT), 3(1), 20–30. 2021, https://doi.org/10.52661/j_ict.v3i1.64
Guelzim, A., & Torki, M. "A Survey on Modern Encryption Algorithms Used for Cloud Computing Security." International Journal of Computer Applications, 175(14), 19-24. 2020, DOI: 10.5120/ijca2020920029.
Jasmir, at al. Peningkatan Digital Skill Melalui Pelatihan Pemanfaatan Google Drive Dekstop Untuk Mendukung Kinerja Penyimpanan Data Digital Secara Online bagi Guru di SMKN 3 Muaro Jambi. Jurnal Pengabdian Masyarakat UNAMA (JPMU), Vol.3 No.1, April 2024, DOI: https://doi.org/10.33998/jpmu.v3i1
Oduor, T. M., & Musau, A. O. "Cyber Security Awareness and Behavior Among University Students in Kenya." International Journal of Computer Applications, 176(27), 12-16. 2021, DOI: 10.5120/ijca2021921895.
Singh, M., & Bhardwaj, N. "A Comprehensive Study of Malware Detection and Prevention Techniques." Journal of Network and Computer Applications, 144, 102671. 2020, DOI: 10.1016/j.jnca.2019.102671.
Coletta, V. P., & Steinert, J. J. “Why normalized gain should continue to be used in analyzing preinstruction and postinstruction scores on concept inventories”. Physical Review Physics Education Research, 16(1), Article 010108. 2020,
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JDISTIRA - Jurnal Pengabdian Inovasi dan Teknologi Kepada Masyarakat

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JDISTIRA provides open access to anyone, ensuring that the information and findings in the article are useful to everyone. This journal article's entire contents can be accessed and downloaded for free. In accordance with the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JDISTIRA is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0